INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD INKLUSI 

Materi yang terdapat dalam buku disusun berdasarkan hasil penelitian mengenai pengembangan Individualized Education Program (IEP) dengan model blended dalam pembelajaran membaca permulaan untuk siswa berkebutuhan khusus pada SD Inklusi di Kabupaten Magetan.

Keterampilan membaca permulaan sangat penting ditanamkan kepada siswa karena kemampuan yang diperoleh melalui membaca permulaan berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjut. Tujuan membaca permulaan adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Pembelajaran membaca permulaan disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan psikologis peserta didik. Bagi siswa berkebutuhan khusus, tentunya mengalami perkembangan psikologis yang berbeda-beda yang tidak dapat disamakan dengan siswa reguler atau normal. Oleh karena itu, diperlukan Individualized Education Program (IEP) dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa berkebutuhan khusus yang belum banyak dimiliki oleh sekolah inklusi khususnya tingkat sekolah dasar.