PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN
Bab I, Konsep Penelitian, terdiri dari: pengertian penelitian, sikap ilmuwan terhadap masalah, cara mencari kebenaran, konsep penelitian pendidikan, tugas penelitian pendidikan dan jenis-jenis penelitian.
Bab II, Metode Penelitian Kuantitatif, terdiri dari: tempat dan waktu penelitian, data dan variable penelitian, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data dan instrument penelitian, metode penelitian, disain penelitian dan teknik analisis data.
Bab III, Metode Penelitian Kualitatif, terdiri dari: tempat dan waktu penelitian, bentuk dan strategi penelitian, sumber data penelitian, teknik pengumpulan data, teknik cuplikan atau sampling, validasi data dan teknik analisis data.
Bab IV, Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari: pengertian penelitian tindakan kelas, tujuan penelitian tindakan kelas, hasil penelitian tindakan kelas, ciri khusus penelitian tindakan kelas, manfaat penelitian tindakan kelas, tahapan penelitian tindakan kelas, prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas, prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas, langkah-langkah penetapan focus penelitian tindakan kelas, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi interpretasi, analisis dan refleksi, rencana tindak lanjut, Menyusun usulan penelitian tindakan kelas, sistematika laporan penelitian tindakan kelas, penjelasan isi laporan penelitian tindakan kelas dan penutup.
Bab V, Pengembangan Instrumen Penelitian, terdiri dari: pengertian instrument, langkah-langkah penyusunan dan pengembangan instrumen, validitas instrumen pengukuran, reliabilitas instrument penelitian, simpulan dan contoh pengembangan instrument penelitian.