Sastra dan Cerita Pendek 

Pembelajaran apresiasi cerita pendek dipandang sangat penting karena cerita pendek dipandang paling efektif dan efisien dipilih sebagai materi pengajaran sastra. Cerita pendek menyajikan panorama yang menarik melalui gaya, karakter, konflik, tema, dan sudut pandang yang disusun oleh pengarangnya. Karena ceritanya yang singkat, cerita pendek dapat dibaca  dari awal sampai  akhir  dalam waktu  yang singkat,  dan pembaca dapat merasakan efek tunggal dari pengarangnya. Bahkan, pembelajaran cerita pendek dapat dipergunakan sebagai pengenalan terbaik untuk analisis sastra dan penulisan kreatif bagi para mahasiswa.

Pembelajaran cerita pendek di perguruan tinggi belum berlangsung seperti yang diharapkan. Materi pembelajaran cerita pendek belum  mampu  melekat  pada  diri  mahasiswa  sebagai  sesuatu  yang rasional, kognitif, emosional, dan afektif. Akibatnya, pembelajaran cerita pendek belum mampu menjadi sesuatu yang disenangi dan dirindukan oleh mahasiswa. Padahal, jika dilaksanakan dengan benar, pengajaran cerita pendek dapat memberikan andil yang signifikan terhadap keberhasilan pengembangan manusia yang diinginkan

Untuk memahami cerita pendek, mahasiswa terlebih dahulu harus memahami tentang hakikat karya sastra. Hal ini disebabkan karena cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra, sehingga untuk memahaminya perlu mengaitkan dengan hakikat karya sastra. Untuk itu, sebelum membahas tentang cerita pendek, di dalam buku ini dibahas secara mendalam mengenai hakikat karya sastra dan kondisi pembelajaran sastra di perguruan tinggi.

Buku ini dimaksudkan sebagai referensi bagi para dosen dan mahasiswa   dalam memahami cerita pendek sebagai salah satu materi dalam mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi. Semoga buku ajar ini bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran sastra di perguruan tinggi.